Pengalaman Operasi Usus Buntu

          Sebulan yang lalu, tepatnya dua minggu sebelum Ramadhan, sepulang kerja tetiba perutku tepatnya di bagian kanan bawah rasanya sakit luar biasa .Awalnya memang dari kantor sudah berasa sakit cuma aku kira mungkin kembung atau apalah karena sakitnya masih bisa ditolerir dan mungkin karena aku juga fokus kerja jadi gak begitu aku rasain. Sampai di rumah, setelah mandi terus rebahan di kasur sakitnya makin parah, aku masih berpikir mungkin kembungku makin parah, jadi aku olesin minyak kayu putih,e...bukannya makin membaik malah makin sakit luar biasa, sampai aku kira saat itu waktuku sudah tiba(laaah), agak lebay ya tapi emang sumpah sakit banget sampai aku gak bisa jalan normal. Kaki kananku harus aku seret agar aku bisa jalan.Awalnya aku masih positif thinking kalo sakitnya pasti pelan-pelan bakal berkurang tapi pada akhirnya aku melambai pada kamera. Aku putuskan untuk pergi ke dokter kandungan (lah kok?).Ini bagi kalian kaum perempuan mungkin bisa lebih paham, sakit yang aku rasain tuh kaya di bagian rahim, mirip kalo lagi dapet, awalnya di perut terus menjalar ke punggung terus ke kaki kanan, jadi waktu itu yang ada dalam pikiranku adalah, apakah ada masalah di dalam rahimku semisal kista atau apapun itu yang berhubungan dengan kandungan, so alih-alih ke dokter umum, aku perginya ke dokter kandungan, gak nyambung sih sebenernya tapi untungnya tetep tau masalahnya apa gitu, jadi setelah di usg, dokter bilang gak ada masalah ma rahimku, tapi gejala yang aku alami menunjukkan radang usus buntu dan malam itu juga aku langsung dirujuk opname di RS.
           Singkat cerita setelah mendapatkan penanganan dari RS, diputuskanlah harus dilakukan pembedahan untuk memotong usus buntuku yang sudah mengalami peradangan.
          Ada yang bilang kalo radang usus buntu tuh jauh-jauh hari harusnya sudah terdeteksi, tapi selama ini aku gak pernah ada keluhan apa-apa, tau-tau musti operasi gitu aja. Aku masih gak bisa terima kalo musti operasi jadi pas visit dokter tu aku bilang aja orang belum di apa-apain, maksutku belum di rontgen apa segala macem kok udah tau kalo musti di operasi sedangkan di hasil usg pun gak kelihatan tuh usus buntu.Nah di sini ini kebegoanku sebagai orang awam sedang diuji, Pak dokter yang masih muda ini cuma senyum dikulum, ekspresinya kaya sedikit ngejek plus sabar gitu, dia bilang,"Mbak, radang usus buntu itu termasuk masalah klinis, memang belum tentu bisa dilihat via usg maupun rontgen, tapi gejala yang mbak perlihatkan itu  98% radang usus buntu" (kemudian dokter menekan bagian perutku yang sakit), lanjut dia bilang "ini posisi usus buntu mbak jauh ke dalam, dan kondisinya sudah bengkak(wow keren bett ya dia bisa tau jeroanku), mbak mending operasi sekarang mumpung kondisinya sehat, atau kalo mbak gak mau operasi mbak bakal datang lagi dengan keluhan yang sama, atau lebih parahnya lagi usus buntu mbak sudah pecah, dan kalo sudah pecah, operasi nya akan jadi operasi besar", aku cuma cengar-cengir antara sakit ma bego.
              Esok harinya masih saja ego dan bego ku gak terima kalo musti operasi, jadi setelah di rontgen aku nanya ma perawat yang nganterin aku ke ruang radiology,"Mbak,nih aku baru aja di rontgen kok kemarin dokter uda bilang kalo aku musti operasi?", dan perawat menjawab,"Dokter itu cuma megang aja uda tau mbak kalo mbak tuh radang usus buntu". emmm ya sudahlah ya, emang jalannya musti begitu,atur ajaalahhh, egoku menjerit malu...kata perawatnya tuh tetap musti rontgen karena itu cuma untuk melengkapi persyaratan aja. Sejujurnya tuh itu semua karena aku nervous banget mo ngadepin operasi.
             Well gaes perlu kalian ketahui, penanganan usus buntu bisa dilakukan dengan dua macam cara, yaitu laparoskopy dan appendectomy. Lebih jelasnya bisa di klik di tautannya ya, nah bedah yang dilakukan dokter pada kasus ku adalah appendectomy, jadi aku dikasih bius lokal yang disuntikkan di punggung, untuk beberapa kasus ada yang bilang mereka masih sadar dan masih bisa ngobrol-ngobrol ma ahli bedahnya, tapi kalo aku setelah dikasih alat bantu nafas, aku langsung mengantuk, aku gak tau itu cuma oksigen biasa atau apa, tapi begitulah yang aku rasain waktu itu, jadi selama proses operasi berlangsung aku tertidur dan terbangun setelah operasi sudah menuju penghujung, bagian seramnya nih gaes, waktu setengah sadar di akhir-akhir operasi itu aku bisa ngerasain kalo ususku kaya ditarik-tarik kemungkinan waktu itu sedang dijahit dan itu rasanya suakit banget , cuma karena aku ngerasa lemes dan masih ngantuk aku gak kuat buat ngomong, jadi setelah beberapa menit yang menyakitkan dalam diam itu tetiba aja dokter bilang, "operasinya sudah selesai ya".....Alhamdulilaah lega

nih hasilnya sebelum jahitan dilepas,gimana?uda kaya frankenstein lum?☺

          Kengerian berikutnya datang setelah berada di ruang pemulihan gaes, setelah efek biusnya pelan-pelan menghilang, aku diserang kembung yang luar biasa sepanjang hidupku, kemungkinan karena aku cuma pakai pakaian bedah, tanpa pake daleman apapun dan ruang bedah itu dingin banget, jadi keluar dari sana tau-tau aja kembungku sudah parah. Dan aku belum bisa kentut, sedangkan angin di perutku muter-muter bergejolak nyari celah buat keluar, nah waktu jahitan udah mulai kerasa dan kebetulan angin dalam perutku itu bergerak tepat di bagian yang abis dijahit di saat itulah penderitaan yang sesungguhnya baru aku rasakan, jahitan serasa mau robek,angin di dalam perutku serasa mo maksa keluar lewat jahitan,suakitnya luar biasa, aku pengen nangis, tapi perawatnya bilang tidak boleh nangis atau sakitnya akan semakin menjadi-jadi, jadi aku nahan buat gak nangis dan juga nahan rasa sakit, dan yang terjadi adalah diriku gagal  menahan air mata, walau aku berusaha menekan dada agar tidak sesenggukan. Sementara itu ibuku yang nungguin di sebelahku mungkin gak tega liat aku kaya gitu, aku liat dia berkaca-kaca, maka semakin membuncahlah air mata di pelupuk mataku, aku gagal total mempertahankan kekuatan diriku  buat gak nangis, tangispun pecah, dan benar rasa sakitnya semakin menjadi-jadi, sumpah waktu itu aku pikir jahitannya mau robek, aku tahan perutku dan semua orang di sekelilingku berusaha menenangkanku. Gaes tips aja kalo misal besok-besok kalian ngadepin kaya gini (mudah-mudahan gak lah ya), buat yang muslim banyakin aja istighfar, terbukti kok setelah akal sehatku kembali dan aku cuma bisa beristighfar alhamdulilah pelan-pelan tubuhku bisa menerima rasa sakitnya, memang tidak langsung hilang gitu aja rasa sakitnya , tetapi tubuh bisa jadi lebih rileks dan menyesuaikan dengan rasa sakit.
              Tantangan berikutnya adalah menjalani masa-masa pemulihan. Aku masuk ruang bedah jam 12.30 WIB dan keluar jam 13.30, dan efek bius hilang total sekitar jam 19.00, setelah puasa selama kurleb 21 jam mengingat operasiku kepending karena ahli anestesinya belum datang akhirnya aku boleh makan bubur, walo dikata aku sakit tapi gak ada masalah sama nafsu makanku, rasanya laparr luar biasa, pinginnya mah langsung makan berat aja, apa daya musti makan yang lembek-lembek dulu, itupun gak boleh banyak-banyak. Semalaman setelah operasi aku tidak bisa tidur nyenyak, aku belum bisa duduk, dan belum bisa banyak bergerak, dan terlebih sakit jahitannya itu yang bikin gak bisa tidur.
              Esoknya aku mulai belajar duduk, dibantu sama ibuku, jadi ibuku ngasih tangan buat pegangan dan aku musti berusaha bangun sendiri, dan itu rasanya wow pas perutku berkontraksi untuk gerakan bangun. Tapi setelah bisa duduk, rasa sakitnya hilang, tapi sisi lainnya adalah aku harus berusaha berbaring kembali dan itu tidaklah mudah. Dalam hal ini serba salah jadinya, kalo kelamaan berbaring, jahitan jadi kaku, kalo kelamaan duduk, untuk berbaring kembali pun butuh perjuangan. Dan pada masa itu aku baru bisa miring kiri aja, karena untuk miring kanan perutnya masih sakit.Selama masa itu kalo buang air kecil aku pake pispot karena belum bisa jalan ke kamar mandi, awalnya gak biasa pake pispot kaya ada rasa aneh aja beser di tempat, tapi yah namanya kepaksa daripada ngompol ya kan?
             Next, aku mulai belajar jalan, awalnya dibantu kakakku, kemudian setelah itu aku disuruh latihan jalan sendiri, luar biasa kaya gak gerak sesentipun heheee, uda kaya manula aja jalannya, gak bisa berdiri tegak, jalan musti bungkuk, uda kek siputlah jalan sesenti demi sesenti.
          Setelah aku bisa jalan dari tempat tidur ke kamar mandi, aku sudah boleh pulang, dan selama perjalanan pulang dari RS ke rumah tu,  perut musti aku peganging terus karena setiap ada guncangan di jalan tu wow banget rasanya.Total di RS aku opname selama 4 hari 4 malam.
ini hasil setelah jahitan dilepas
              Selama masa penyembuhan berat badanku naik dua kilo, karena hampir dua minggu lebih gak banyak bergerak. Dan sampai detik aku nulis cerita ini sudah sebulan pasca operasi.Sementara untuk boleh berolahraga kembali harus menunggu setidaknya dua bulan setelah operasi itupun hanya olahraga yang ringan-ringan macem senam ma jalan-jalan.
             Masukan aja gaes buat kalian yang mungkin saja saat ini mengidap radang usus buntu dan masih takut untuk memutuskan operasi dan masih bertahan dengan pengobatan alternatif, sebaiknya segera ambil keputusan untuk operasi, kalian bisa pilih metode laparoskopy kalo memang di RS terdekat sudah ada pilihan metode tsb, karena dengan metode laparoskopy, masa penyembuhannya lebih cepat dengan hanya 1-2 jahitan dan tingkat infeksi yang rendah. Tapi kalopun gak ada pilihan itu sebaiknya segera diatasi dengan penanganan medis, karena jika kalian tetep gak hati-hati sama makanan, bisa memicu radang semakin parah dan lebih buruknya keburu pecah,  konsekuensinya bisa sampai kematian loh.
             Dan bagi kalian yang sedang dalam masa penyembuhan sebaiknya patuhi perintah dokter untuk menghindari dulu makanan pedas sama kecut ya, perbanyak konsumsi makanan protein tinggi, kalo aku konsumsinya telur rebus, hampir tiap hari, tapi cuma aku makan putihnya karena kalo sama kuning telurnya takut diserang jerawat berhubung kulitku sensitif, kan gak lucu uda sakit perutnya masih jerawatan pula. Jangan terlalu banyak gerak yang tidak perlu alias kakean polah, jangan mengangkat beban berat dulu, dan penting nih sebisa mungkin jangan motoran dulu sampai jahitan di perut sudah benar-benar gak kerasa sakit dan udah gak kaku lagi.Semoga cepet pulih dan bisa kembali beraktifitas seperti sedia kala.
               Seperti itulah pengalamanku mengalami radang usus buntu, buat kalian yang pernah mengalami hal serupa share ya gaes di kolom komen, dan jangan lupa jaga kesehatan.
            


           

8 komentar:

  1. Aku juga 8 hari lalu operasi usus buntu... jahitan udah lumayan tapi perut kanan bawah masih nyeri sampe pinggang belakang... mbak gitu juga ga???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haallo ka kalo boleh tau biaya nya berpa ya ka :)

      Hapus
  2. Ane udah sebulan masih kaku n blm kering luka jahitan sama drainnya. Jadi masih ganti perban tiap 3 hari sekali. Harus sabar emg kog.

    BalasHapus
  3. aku baru oprasi 2minggu yg lalu . dan perban nya udah dibuka . itu mau mandi tapi msh parno , perih ga ya kalo dibawa mandi

    BalasHapus
  4. Saking kaku nya perut..jalanku sedikit bongkok..apakah sama kaya yg lain ??

    BalasHapus
  5. Klw aku baru seminggu sdh oprasi usus buntu trkadang gatal"sebentar hilang tdk lma trkadang jg perih rencana ini hari mau ganti perban

    BalasHapus

  6. Tenyata saya baru tahu bahwa usus buntu adalah jenis penyakit, saya ada bacaReview Utsukushhii AFC

    BalasHapus
  7. Suamiku baru 1 buln lalu, menjalani operasi usus buntu tapi skrg mlahsakit lagi bagian bawah.....apakh kalian pernah rasakn itu?

    BalasHapus

           YOUTUBER LUCU FAVOURITE 2023 VERSI MIMIN   Hari gini tuh youtube udah jadi semacam kebutuhan pokok gak sih?😀 coba, dari anak-ana...