Tips memilih notebook sesuai hajat masing-masing ^^

  Makin produktif dan kreatif bersama ASUS E202

  notebook berukuran 12 inci dengan baterai yang tahan lama.


http://www.uniekkaswarganti.com/2017/05/ASUS-E202-blog-competition-produktif-dan-kreatif-di-mana-saja-dengan-notebook.html
         Pengen beli notebook tapi bingung pilih merk apa ya?musti yang gimana, warna apa, harga berapa, aduh pusing.Warna merah keren, warna biru asyik, warna putih elegan, warna hitam juga oke banget....arrrrghhhh  Akhirnya malah beli smartphone, the end..^^ 

Pernah gak kalian kayak gitu atau sekarang lagi dilema kaya gitu, jangan berlarut-larut ya gaess, ini aku punya tips buat milih notebook sesuai kebutuhan kalian. Ada 10 poin penting yang musti kalian pertimbangkan ya gaes, yo cekidot !

  1. Pilih ukuran
Simpel aja gaes, jika kalian seorang traveller maka pilihlah ukuran yang tidak terlalu besar, kenapa bisa begitu?karena semakin lebar layar maka semakin berat pula notebook tsb untuk dibawa-bawa, sebaliknya jika kebutuhan kalian cuma untuk mager di rumah ya pilih yang ukuran gede aja biar lebih mantep.
  1. Bentuk body
Hari gini banyak banget varian model notebook yang ditawarkan di pasaran bahkan yang kekinian yaitu yang dilengkapi fitur touchscreen yang akan sangat membantu terutama bagi kalian yang hobi menggambar atau bermusik, atau model yang bisa dilepas keyboardnya sehingga berubah jadi tablet dan lebih portabel. Well sesuai hukum alam teknologi, semakin canggih ia semakin mahal pula harganya, so sesuaikan aja ma kantong kalian, model tradisional masih banyak gaess :p
  1. Keyboard
Keyboard notebook itu variatif banget. Contohnya, keypad numeric hanya ada pada ukuran notebook besar dan model tertentu Selain itu, banyak notebook memiliki tombol panah kecil , atau tombol ← backslash yang ada di sebelah kanan dan bukan di sebelah kiri keypad. Hanya beberapa laptop yang memiliki tombol Home , End, Page Up dan Page Down juga. Sesuaikan aja gaes ama kemampuan kalian dalam penguasaan keyboard.Untuk kenyamanan penggunanan keyboard maka kamu harus mencobanya dulu sewaktu di toko, pilih mana yang paling nyaman saat kamu  mengetik.
  1. Touchpad
Sama halnya dengan keyboard memilih touchpad pun harus jeli, kalian pasti tau ada jenis-jenis touchpad yang sensitif banget, baru aja kesentuh dikit e....uda ngeblok melebar kemana-mana, gak nyaman banget tu yang kaya gitu, atau sebaliknya gak responsif, disentuh ditabok mager aja ^^, sama juga sih ma milih keyboard, pastikan dicoba dulu di tokonya dan pilihlah yang sesuai ma irama jari-jari kalian.
  1. Resolusi layar
Untuk ukuran resolusi layar sebenarnya gak bisa jadi patokan sih gaes, karena resolusi minimum 1,366 x 768 pixels pun oke-oke aja buat hampir semua aplikasi, sebaliknya resolusi yang besar belum tentu gambar akan terlihat halus dan jelas, tetapi dalam hal ini kunci dalam memilih resolusi haruslah kalian lihat waktu kalian mau beli di gerainya, cobalah kamu lihat satu persatu dan kamu bandingkan mana yang kamu rasa nyaman untuk pandanganmu.
  1. Konektivitas
Notebook memiliki port yang terbatas dibanding PC,jadi sebaiknya dipikir-pikir dulu disesuaikan sama kebutuhanmu, contohnya nih, notebook yang memiliki 2 port USB, padahal kamu pengen masang printer sama mouse dan masih pengen terhubung sama smartphone buat transfer foto, jadi kamu musti mencabut salah satu koneksi kecuali notebook itu sudah dilengkapi card reader. Untuk alasan ini, pikirkan baik-baik tentang apa saja kebutuhanmu menyangkut beberapa peripheral yang bakal terhubung di notebook mu. Atau kamu bisa juga membeli perangkat tambahan yang memungkinan kamu memiliki port tambahan.
  1. Grafis
Kebanyakan notebook mengandalkan chipset grafis yang sudah terpasang pada prosesor, biasanya disebut seperti "Intel HD Graphics". Ini bisa dibuat mainin game 3D sederhana dengan resolusi rendah pada pengaturan detail rendah sampai sedang, namun jika kamu penggemar game sejati maka kamu butuh notebook dengan chipset grafis Nvidia atau AMD khusus. Sulit menentukan seberapa cepat chipset grafis hanya dari nomor model, jadi aku saranin untuk cari benchmark grafis secara online untuk melihat bagaimana kinerja chipset terbaru.Hanya notebook yang sangat mahal yang bisa memainkan game terbaru pada tingkat detail yang sangat tinggi, tapi jika kebutuhanmu bukanlah game maka lupakan ^^
  1. Performa
Gaes body notebook yang bagus emang enak dilihat, tapi jeroannya musti sesuai juga donk.Kamu musti bisa menyesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan yang kamu perlukan, jika kamu musti bergelut sama edit video maka belilah RAM yang berkapasitas besar dan prosesor yang mumpuni. Sebaliknya jika kebutuhanmu hanya sebatas penjelajahan web dan pekerjaan kantor maka RAM minimal 4GB pun sudah cukup baik.
  1. Daya baterai
Bacalah terlebih dahulu ulasan untuk melihat berapa lama baterai notebook akan bertahan. Diperkirakan lima sampai tujuh jam untuk notebook berukuran 15 inci, dan delapan sampai 10 jam untuk ukuran yang lebih kecil atau portabel.
  1. Penyimpanan
SSD atau media penyimpanan utama selain hard disk di dalam sebuah PC maupun notebook juga berfungsi untuk booting haruslah juga dipertimbangkan kapasitasnya.Beberapa notebook murah memiliki kapasitas SSD 32GB, yang hampir tidak cukup untuk install Windows 10, untuk itu SSD dengan kapasitas minimum 120 GB lebih direkomendasikan., itupun jika kamu save sebagian besar data kamu di penyimpanan online macem google drive. Jika kebutuhanmu lebih dari itu maka kamu butuh SSD yang lebih besar lagi, bukan hanya untuk penyimpanan tapi juga performa saat booting maupun menjalankan aplikasi.

Nah itu 10 poin penting yang kudu kamu pertimbangan sebelum membeli PC, namun jika dengan poin-poin tsb kalian masih saja galau aku bakal ngrekomendasikan sebuah merk notebook yang cocok banget buat kalian Raja jalanan, yang suka bertualang sekaligus berkreasi.Blogger atau siapapun yang mobilitasnya tinggi.


Adalah sebuah notebook yang bernama Asus E202, atau biasa dijuluki the Perfect notebook for the Road Warrior. Notebook ini hadir bersama saudara-saudaranya yang memiliki warna  Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge dalam versi Windows 10 dan juga DOS. Notebook berukuran A4  ini menggunakan prosesor Intel hemat daya yang menawarkan masa aktif baterai hingga 8 jam dan memiliki port USB 3.1 Type-C yang sangat menghemat waktu karena USB dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya dan kecepatan transfer USB 3.1 ini lebih cepat 11x dibandingkan USB 2.0.

Khususnya buat kalian ladies pilihan warna yang banyak itu pasti bikin kalian bingung mau pilih warna yang mana karena keren semua, untuk ini aku suka yang putih karena jadi tantangan buat aku untuk terus merawat dan menjaga kebersihannya, soalnya sudah jamak diketahui untuk pemalas seperti aku warna putih bisa berevolusi jadi warna coklat atau parahnya menghitam saking gak pernah dibersihkannya, so dengan memilih warna putih bisa jadi cambukan buat aku untuk terus menjaga kebersihannya^^.
Termasuk tipis di kelasnya


Dengan layar sebesar 11.6 “ , ketebalan 21.4 mm dan berat hanya 1.2 kg, cocok banget buat dibawa kemana-mana apalagi dengan postur tubuh aku yang kecil, yang apalah daya bawa barang lebih dari 4 kg sudah tersengal-sengal.^^

Memiliki kapasitas penyimpanan 500GB sudah seperti surga lemari buat kalian nyimpen foto maupun video petualangan kalian di manapun itu. Didukung dengan headset jack, Micro HDMI, USB 3.0, USB 2.0, USB-C, microSD card slot, bisa memaksimalkan kamu dalam berkreasi. Khusunya buat aku yang kerja kantoran sembari blogging, Asus E202 ini membantu banget. 

Dan dengan RAM 4 GB, dan prosesor Intel Braswell Pentium ringan banget buat aku pas lagi bikin blog, lancar jaya, gak pake acara lemot. Bahkan jika kamu pengen kerja sembari dengerin musik atau nonton video, notebook ini cocok banget sama passion kamu.


Gimana?udah menuhin kan ma 10 poin di atas? ukuran imut, ringan, konektifitas ok, daya baterai yang sampai 8 jam, performa juga kenceng, apalagi pilihan warna nya juga gak cuma standar hitam doank, yo buruan beli di toko terdekat yak, sebelum kehabisan pilihan warnanya.

Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com.

Komentar

  1. Daya baterai yang menjadi pertimbangan saya, karena saya suka traveling.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gitu asus e202 ini cocok banget buat mas bro yang mobilitasnya tinggi, sukses terus ya buat travellingnya ^^

      Hapus
  2. laptop yang keren buat jiwa dinamis nih.

    BalasHapus
  3. betull banget mas bro,tinggal dipilih warna favorit mas bro apa,angkuuuutt 😉

    BalasHapus
  4. Notebook Asus E202 emang keren deh. Desain minimalis, kualitas maximalis, apalagi harganya cukup ekonomis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hidup jadi lebih manis, gak ada lagi drama-drama hang tragis ;-p

      Hapus
  5. Terima kasih sudah ikutan #E202BlogCompetition ya. Good luck.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mb Uniek, sering2 ya ngadain kaya gini :),sukses terus buat mbak

      Hapus
  6. ulasannya menarik Mbak 👍

    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, semoga bermanfaat
      Salam kenal dan salam sukses

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Operasi Usus Buntu

Review film The Invisible Guest (2017) Spain